Senin, 14 Maret 2011

Tsunami Landa Jepang Pray For Japan

GEMPA bumi dahysat dengan skala 8,9 skala Richter mengguncang pesisir timur laut Jepang, memicu tsunami yang menyeret kendaraan-kendaraan di sekitar pusat gempa, Jumat (11/3/2011) siang.
Dilaporkan pula sekitar pukul 16.00 waktu setempat, terdengar suara ledakan yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, diikuti dengan asap yang keluar dari PLTN tersebut. Pemerintah Jepang telah mengevakuasi sekitar 11.000 warga Fukushima yang tinggal di sekitar area PLTN seiring dengan meluasnya daerah yang terkena radiasi hingga jarak 20 km.
Dunia pun segera bergerak. Sebuah kapal komando Angkatan Laut Amerika menuju Jepang dari Singapura untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan PBB akan berusaha sekuat tenaga membantu Jepang. Federasi Palang Merah Internasional juga menyebut pihaknya memantau situasinya dengan seksama. Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao menyampaikan rasa duka citanya kepada pemerintah dan rakyat Jepang.

Kementerian Luar Negeri RI pada Sabtu (12/3/2011) malam telah mengirim tim
pendukung tim untuk membuka posko sementara di Sendai sekitar Miyagi dan Iwate. Tim terdiri dari lima pejabat Kemlu yang bertugas membantu KBRI Tokyo dalam penangangan perlindungan WNI di wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami bagi seluruh daerah pantai Pasifik di Jepang menyusul gempa yang mengguncang 125 kilometer dari pesisir timur, dengan kedalaman 10 kilometer. Penduduk di daerah pesisir telah diperintahkan untuk segera mengevakusikan diri ke dataran yang lebih tinggi.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di negara bagian Hawaii, AS, mengatakan peringatan tsunami juga berlaku bagi Rusia, pulau Marcus dan Marianas Utara. Lembaga ini juga memperingatkan Guam, Taiwan, Filipina, Hawaii dan Indonesia untuk berhati-hati dengan kemungkinan tsunami.

Gelombang tsunami sampai di Jayapura, merusak seluruh rumah  warga yang bermukim di pesisir pantai wisata Holtekamp, distrik Muara Tami, yang berjarak sekitar 75 km  dari pusat kota Jayapura. Selain rumah, puluhan perahu dan jaring milik nelayan juga ikut terseret gelombang tsunami sejauh radius 50 meter dari bibir pantai Holtekamp.
Godlief Samallo, seorang warga setempat mengatakan, gelombang tsunami itu terjadi mulai sekitar pukul 23.00 WIT sampai 24.00 WIT, ketika peringatan bahaya tsunami dari BMKG sudah dicabut.

Gelombang tsunami mencapai Hawaii menjelang dini hari Jumat, menggenangi pantai Waikiki, tetapi tidak mencapai kawasan hotel bertingkat. Gelombang setinggi satu meter tercatat di Pulau Oahu dan Kauai, tetapi belum ada laporan mengenai terjadinya kerusakan.***

Hal ini pun menarik perhatian seluruh belahan dunia , termasuk dunia maya melalui jejaring twitter.

Bencana yang terjadi hari Jumat (11/03) pukul 14.46 waktu Jepang menjadi Trending Topic twitter.

#prayforjapan
TT teratas dunia untuk waktu yang cukup lama, bahkan melebihi sehari. Seluruh dunia berdoa agar bencana tersebut bisa cepat usai dan ditanggulangi. Selain berdoa, bala bantuan pun mulai dikerahkan untuk meringankan bencana ini, terutama dari palang merah atau Red Cross.

#tsunami
Gelombang setinggi 10 meter yang menyerbu Jepang membawa korban nyawa yang tak sedikit, serta kerusakan yang materil yang belum bisa diprediksi karena masih terus bertambah. Hampir separuh Tokyo kini menjadi gelap akibat bencana. Sarana transportasi dan komunikasi tidak normal dan banyak korban memerlukan bantuan.

Tokyo Disneyland
70.000 pengunjungnya harus dievakuasi, dan lahan parkir di sekitar taman hiburan itu pun tertutup oleh air.

Fukushima
Bencana gempa bumi mengakibatkan pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Jepang tersebut menjadi abnormal. Jika sampai terjadi kerusakan bisa dibayangkan betapa berbahayanya radiasi yang bakal diakibatkan.

Sendai
Diprediksi adalah asal gempa 8,9 scala richter tersebut, di mana gempa kemudian memantik reaksi. Salah satu kota yang menjadi korban tsunami di Jepang di mana terletak di daerah utara Jepang.

Hurricane Katrina
Orang-orang pun mulai membandingkan bencana alam di Jepang dengan badai Katrina yang terjadi di Amerika.

Miyagi
Salah satu tempat yang terkena dampak besar dari bencana ini. Karena namanya mirip Miyabi, orang-orang pun banyak yang membicarakan kabar Miyabi, bintang porno yang melegenda dari Jepang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar